Selasa, April 23, 2013

EPISTEMOLOGI MATEMATIKA

(Pengantar Perkuliahan untuk pokok Pembahasan Epistemologi Matematika)

Knowledge is a great treasure, but there is one thing higher than knowledge, and that is understanding. More information by it self is worth little, unless it is arranged in ways that make sense to its possessors, and enable them to act effectively and to live well. To make sense informartion to understand it one has put into fruitful relationship with other information, and graps the  meaning of that relationship, which implies finding patterns, learning lessons, drawing inferences, and as a result seeing the whole.
(Pengetahuan itu merupakan sebuah khasanah perbendaharaan yang luar biasa, namun ada suatu hal yang lebih tinggi daripada pengetahuan dan itu adalah pemahaman. Informasi semata dalam dirinya sendiri kecil nilainya, kecuali jika informasi tersebut ditata sedemikian rupa sehingga bemakna bagi pemiliknya dan memungkinkan sang pemilik untuk bertindak secara efektif dan hidup dengan baik. Untuk bisa mengerti informasi orang harus merangkaikan informasi yang satu dengan informasi yang lain, dan menangkap makna dari hubungan tersebut, menarik pelajaran darinya, menarik kesimpulan darinya, dan sebagai hasilnya bisa dipahami secara keseluruhan)
**A.C. Grayling**
Epistemologi berasal dari bahasa Yunani yaitu episteme dan logos. episteme berarti suatu pengetahuan dan logos berarti ilmu. Sehingga, epistemologi bisa diartikan sebagai suatu ilmu pengetahuan. Pengetahuan dan ilmu pengetahuan memiliki perbedaaan, pengetahuan merupakan suatu kata yang digunakan untuk menunjuk kepada apa yang diketahui oleh seseorang tentang sesuatu atau dengan kata lain pengetahuan hanya sekedar untuk diketahui. Sedangkan ilmu pengetahuan adalah proses pengkajian, analisa dan penyimpulan yang dilakukan terhadap pengetahuan tersebut.
Permasalahan dalam epistemologi adalah kepastian dan kebenaran sebuah pengetahuan. Kriteria apa yang dipakai untuk mengukur sebuah pengetahuan disebut benar dan pasti? Dalam epistemologi ada beberapa teori kebenaran tentang pengetahuan yaitu teori koherensi, korespondensi dan pragmatis yang akan dibahas pada bab ini. Epistemologi matematika merupakan cabang filsafat yang berhubungan dengan pengetahuan matematika. Cabang ini khusus menelaah segi-segi dasar pengetahuan matematika seperti sumber, hakikat (substansi), batas-batas, dan kebenaran pengetahuan beserta ciri-ciri matematika yang meliputi abstraksi, ruang, waktu, besaran, simbolik, bentuk, dan pola. 

0 komentar: