Jumat, April 05, 2013

Di balik keagungan jilbab


Oleh: Nurul Izzah
Allah SWT menciptakan kita di bumi tentu tidak semudah seperti apa yang kita bayangkan, ibaratnya ketika kita berada di rumah, sekolah, kampus, kantor dan ditempat lain ada seperangkat aturan yang harus kita patuhi dan ketika kita tidak patuhi maka akan ada konsekuensi. jika kita berada di rumah maka kita akan dimarahi oleh kepala rumah tangga, dan kita akan dimarahi oleh guru jika kita berdaa disekolah dst. Begitupun Allah SWT, ketika Allah menciptakan kita di bumi ini maka ada aturan yang harus kita ta’ati, kapan juga kita tidak menta’atinya maka akan ada azab dari-Nya.
Oh iya, disini saya spesifikasikan pembahasan terkait masalah perempuan yang khususnya berkaitan dengan kewajiban berjilbab dan keagungannya. Perempuan adalah makhluk yang unik dan elok rupanya, perempuan diciptakan dgn wajah yang cantik, memiliki lekuk yang elok bodi yang fantastis dan masih banyak yang lain-lainnya. Olehnya itu, karena perempuan adalah makhluk yang cantik maka Allahpun menyuruhnya agar dia lebih cantik dan terjaga dengan menggunakan jilbab lihat (Q.S AL-Ahzab: 59).
Tapi sayangnya banyak orang yang salah menafsirkan apa itu makna jilbab yang sebenarnya karena banyak yang menyamakan antara jilbab denagan kerudung padahal antara jilbab dan kerudung itu berbeda. Kerudung/ khumur lihat (Q.S AN-nur: 31).
Subhanallah saudariku, sadar atau tidak sadar kita sudah berpuluh-puluh tahun tinggal di bumi Allah SWT. Semuanya telah allah berikan kepda kita tapi kita tidak pernah berpikir apa yang harus kita lakukan ketika kita tinggal di buminya. Allah tidak menuntut banyak wahai saudariku cukup kita sadar apa yang menjadi hak dan kewajiban bagi seorang hamba, jika dibandingkan dengan apa yang telah berikan kepada kita, nikmat-Nya tak mampu kita matematikakan.
Singkatnya Nikmat-Nya yang paling susah kita sykuri yaitu kesehatan dan iman kita, coba kita bayangkan jika pada detik ini Allah mengambil kesehatan kita apa yang bisa kita lakukan saudariku. Dalam Q.S. AR-rahman dikatakan secara berulang yang artinya “maka nikmat tuhan-Mu yang mana lagi yang engkau dustakan”.
Karena sifat manusia yang tida pernah mensyukuri nikmt-Nya. Maka wujud kita ungkapkan rasa syukur kita tidak cukup dengan mengucapkan Alhamdulillah tapi wujud rasa syukur itu yaitu bagaimana kita melaksanakan apa yang menjadi perintah-Nya dan meninggalkan apa yang menjadi larangan-Nya.
Saudariku, ketika Allah SWT memerintahkan kepada kita ada sesuatu di balik itu, maka perlu penulis tekankan juga bahwa ketika melakukan sesuatu apa yang diperintah dan apa yang dilarang jangan mencari ilatnya. Adapun hikmahnya dibalik semua itu, itu adalah hadiah dari Allah SWT. Dalam indahnya rentan aturan-Nya, ada satu hal yang hari ini mulai pudar dalam pandangan manusia utamanya kaum wanita. Satu hal yang begitu luas dan tak satupun cela yang merugikan kita. Tiada lain ialah jilbab.
Yah… jilbab! Jilbab yang kita ketahui “wajib” hukumnya. Ia memiliki begitu banyak manfaat bagi kita yang apabila dituliskan dengan tinta di dunia ini maka semua itu tidak cukup untuk menuliskan manfaatnya. Bagaimana tidak, akal manusia sangat terbatas untuk meraba setiap manfaatnya. Ada beberapa manfaat dari jilbab dibawah ini yang di kutip dari berbagai sumber:
1.    Agar selamat dari azab-Nya.
Saudariku mungkin kita sering berhias di depan cermin dan perhatikan bahwa muka yang mulus, halus dan kita bayangkkan muka kita tersebut kena azab Allah denga bara api yang sangat panas muka tersebut terkelupas bayangkan saudariku, mungkin kita pernah jalan ketika cuaca sangat panas maka pada saat itu kita merintih padahal jarak matahari dan bumi jauh sekali tapi azab Allah saudariku 70 kali lipat panasnya, naudzubillah!
Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi Wassallam bersabda: “ada dua macam penghuni neraka yang tak pernah ku lihat sebelumnya, sekelompok laki-laki yang memegang cemeti laksana ekor sapi, mereka mencambuk manusia dengannya. Dan wanita-wanita yang berpakaian namun telanjang, sesat dan menyesatkan, yang dikepala mereka ada sesuatu yang mirip punuk unta. Mereka tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya. Sedangkan bau surge itu tercium dari jarak yang jauh” (HR. Muslim)
2.    Amal ibadah yang sangat mudah dan dicintai oleh Allah.
Sabda Rasullah Sallallahu ‘Alaihi Wassallam, “hambaku tidak bertakarrub kepada-Ku dengan sesuatupun yang lebih Ku cintai dari pada apa yang Aku wajibkan atasnyaa” (HR.Bukhari). Karena bulti kecintaan kita kepada-Nya yaitu melaksanakan perintahnya. Karena kita ketahui berjilbab itu hukumnya wajib
3.    Mengundang pertolongan dari Allah
Dengan berjilbab, kita telah mengambil bagian dalam menolong agama Allah. Karena yang dimaksud menolong agama Allah ialah memperjuangkan syari’atNya. Allah berfirman: “….Allah pasti akan menolong orang-orang yang menolong (agama-Nya)” (QS. Al-Hajj:40)
4.    Tanda wanita terhormat.
Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman: “Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan isteri-istri orang mu’min, hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah maha pengampun lagi maha penyayang” (QS.AL-Ahzab : 59).
Biasanya kalau ada perempuan yang lewat dan perempuan itu memakai jilbab dan kerudung yang sempurna maka dia biasanya disapah dengan salam, subhanallah!!!!!
5.    Terhindar dari pelecehan.
Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman: “dijadikan indah dalam (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak…” (QS. Ali-Imran:14) Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi Wassallam bersabda: “Sepeninggalku tak ada fitnah yanh lebih berbahaya terhadap laki-laki, dari pada wanita”(HR. Bukhari)
Saudariku, jika wanita pada kegemilangan islam saja yang kehormatan merekabetul-betul dijaga di ganggu, apalagi wanita pada masa sekarang yang serba bebas dimana-mana tidak ada yang aman apa jadinya, Naudzubillah....!
6.    Dengan berjilbab, kita seperti bidadari surga
Pernahkah kita mendengar tentang bidadari surga? Tahukah kita sifat-sifat mereka? Saudariku, simaklah ayat berikut ini: “Dalam surga itu ada bidadari-bidadari yang menundukkan pandangannya, mereka tak pernah disentuh oleh seorang manusia atau jin pun sebelunmya” (QS. Ar-Rahman:56) “Mereka laksana permata yakut dan marjan”(QS. Ar-Rahman:58) “Bidadari-bidadari jelita bermata indah, yang dipingit dalam rumah-rumah” (QS.Ar-Rahman:72) “Mereka laksana telur yang tersimpan rapi” (QS.Ash-Shaffat: 49)
Saudariku, tidak munkin kita bisa menjadi bidadari syurga kalau kita tidak bisa menjdikan diri kita bidadari, tidak mungkin kita bisa menjdi bidadari kalau banyak mata yang jelalatan sering melihat kita, selai itu juga kita juga menolong sudara kita kaum adam untuk tidak memandang yang belun halal untuknya di pandang. Subhanallah...masa tidak mau jadi penghuni syurga?
7.    Nyaman dipakai
Ini adalah manfaat lain dari jilbab. Dalam kondisi panas ataupun dingin ia tetap nyaman dipakai. Ia melindungi kita dari sengatan cahaya matahari karena sifatnya yang menutupi seluruh tubuh kita. Bukankah kita wajib untuk tidak mendzolimi diri kita sendiri, apalag di masa sekarang sinah UV sangat mengganggu kenyamanan kulit.
8.    Menjaga kebersihan hati.
Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman: “apabila kamu meminta sesuatu(keperluan) kepada mereka (istri-istri Nabi) maka mintalah dari belakang tabir. Cara yang demikian itu lebih suci bagi hatimu dan hati mereka,…” (QS. Al-Ahzab:53)
Ibunda tercinta kita saja di suruh untuk menjaga kesucian hatinya padahal mereka insa Allah terjaga dari hal-hal yang baik apatah lagi kita makhluk biasa yang tak pernah jauh dari salah dan khilaf.
9.    Mengundang jodoh yang shaleh.
Perlu kita ketahui saudariku, lelaki yang sholeh pasti mendambakan wanita sholehah begitupun sebaliknya. Jangan sampai saudariku kita menuntut yang terbaik padahal kita tidak mau memperbaiki diri kita
10.    Insa Allah syurga-Nya akan kita dapat atas ijin Allah.
Karena mana mungkin saudariku kita mau menempati syurganya padahal kita tidak memenuhi syarat-syarat untuk ke syurga-Nya. Saudariku karena rasulullah saw pernah bersabda bahwa kebanyakan penghuni neraka adalah perempuan disebapkan mereka mengumbar auratnya dan tidak mensyukuri apa yang diberikan oleh suaminya. Wallahu’alam.

0 komentar: