Rabu, Februari 06, 2013

SEBUAH RENUNGAN DI BULAN FEBRUARI 2013

-->
Oleh: Muh. Didi Haryono (The Leader ICS)
Alhamdulillah, tulisan tentang sebuah renungan di bulan Februari 2013 akan menjadi topik tekhusus yang penulis tulis pada bulan ini sebagai bahan introspeksi diri terhadap kekeliruan dan kekhilafan yang telah dilakukan baik kesalahan yang sangat besar besar maupun kekhilafan yang sangat kecil. Sehingga harapannya agar kita lebih percaya diri untuk menghadapi dunia dan menggunakan kehidupan ini dengan sebaik-baiknya agar lebih bertakwa kepada Allah SWT dalam menggapai ridho-Nya. Namun, terkadang ada yang mampu memberikan inspirasi pada orang lain, tapi untuk dirinya sendiri mungkin selalu lupa dengan hal itu. Pesan di bawah akan menjadi motivasi bagi pembaca, terkhususnya bagi penulis agar menjadi orang-orang yang berutung, bukan yang cepat mengeluh ketika cobaan dan ujian yang menghadang. Yang perlu di catat dan harus di ingat bahwa Allah SWT telah berfirman: “sesungguhnya disetiap kesusahan pasti ada kemudahan” (QS. Alam-Nasyrah (94): 6)
***
Jangan tergantung pada orang lain, tapi tergantunglah pada diri sendiri dan bersikap mandiri. Tuhanlah satu-satu zat dimana kamu dapat menggantungkan hidup.
Jangan berburuk sangka pada orang lain yang akan membicarakan dan menghinamu. Berfikir positif, hal ini mungkin tidak menyelesaikan semua masalahmu. Tapi iya akan mengusir sifat pembenci dalam dirimu dan kemudian melakukan sesuatu yang lebih bermanfaat.
Jangan selalu mengingat penyesalan di masa lalu. Hidup itu mudah saudaraku, buatlah satu keputusan dan jangan pernah menyesalinya.
Jangan menyimpan kemarahan, dendam, iri hati dan kebencian. Dendam itu bagaikan racun, ia bisa menguasai hidupmu  sebelum kamu menyadarinya, dendam itu bisa mengubah mu menjadi seorang yang jahat.
***
Sebaiknya, jika kamu merasa maka percayalah bahwa disetiap kesulitan pasti selalu ada kemudahan. Bukankah disetap hujan dan badai berakhir, kau akan selalu melihat pelangi yag indah? Jangan membiasakan sikap terburu-buru. Maka dari itu manage lah waktumu. Aset utama yang terpenting dalam kehidupan bukanlah uang, intan, permata ataupun berlian, tetapi ia adalah waktu.
Ingatlah bahwa mesin waktu itu tidak pernah ada, kita tidak akan bisa membeli waktu, memutar waktu ataupun menghentikan waktu. Demi masa sesungguhnya manusia berada dalam kerugian yang sangat besar apabila mereka tidak memanfaatkan waktu denga sebaik-baiknya.
***
Jangan pernah menyerah dan khawatir akan esok. Ingatlah bahwa Tuhan menjanjikan masa depan dan harapan kita tidak akan pernah lenyap. Bukankah cinta, hidup dan mati itu ada di tangan tuhan? Ia telah menuliskan takdir manusia jauh saat sebelum kita dilahirkan.
Tuhan tahu apa yang terbaik bagi kita, maka dari itu jangan pernah sesali apa yang terjadi meskipun terasa perih bagi kita. Dan pada akhirnya setiap manusia akan diciptakan untuk saling berpasang-pasangan, maka dari itu jangan pernah khawatir akan cintamu.Insya Allah, segala sesuatu akan indah pada akhirnya.
Ketuklah! maka pintu akan terbuka. Ingatlah pada-Nya! maka Ia akan mengingatmu. Berdoalah! Maka keluh kesahmu akan didengar.
***
Saya terlalu muda untuk mengerti, saya terlalu tua untuk perduli, saya terlalu bodoh untuk menyadari. Jangan pernah menjadi seperti saya wahai saudaraku.!!!

0 komentar: