Senin, Mei 13, 2013

Metodologi Matematika


Kata metodologi berasal dari kata Latin methodos, yang berarti jalan yang harus dilalui. Metode adalah cara untuk melakukan sesuatu atau cara untuk mencapai suatu tujuan. Method dalam bahasa Inggris berarti sesuatu bentuk khusus cara kerja. Menurut Dr. Knox menyebutkan bahwa metode adalah suatu cara untuk melangkah maju dengan terencana dan teratur untuk mencapai sesuatu tujuan tertentu, yang dengan sadar mempergunakan pengetahuan-pengetahuan sistematis untuk keadaan-keadaan yang berbeda-beda.
Metode mempelajari filsafat pada umumnya terbagi kedalam tiga macam yaitu: pertama, metode sistematis yang berkaitan metode pembelajaran yang dimulai dengan memahami pengertiannya, objek yang dikaji, sistematika filsafat, makna epistemology, ontology, dan aksiologi. Sehingga, untuk memahaminya diperlukan langkah demi langkah (step by step) mulai dari yang sederhanya sampai yang paling tinggi.
Kedua, Metode historis yaitu dengan mempelajari sejarah filsafat, asal-usulnya, seluk-beluk dan kelahirannya. Filsafat Yunani, barat, dunia muslim, dan semua yang berkaitan dengan sejarah dipelajari secara mendalam. Mempelajari tokoh demi tokoh, pikiran-pikirannya, para pengikutnya, dan pengaruhnya terhadap dunia ilmu pengetahuan. Semuanya digali seserius mungkin untuk dipelajari, dipahami dan dianalisis.
Dan ketiga, metode kritis yang merupakan metode tingkat tinggi untuk mengkritisi segala apa yang berkaitan dengannya. Pertanyaan sederhana misalnya, bagaimana mau mengkritisi jika jika hal-hal yang berkaitan dengan filsafat tidak dipelajari dan dipahami secara mendalam? Sehingga, untuk mengkritisinya maka diperlukan pengetahuan awal untuk memahaminya. Karena, harus dipahami bahwa metode kritis mulai melibatkan penalaran yang kontenplatif dan radikal, bahkan pemikiran para filosof bukan hanya sekedar dipahami, tetapi sekaligus untuk dikritisi.
Metodologi matematika adalah penelaahan terhadap metode yang khusus digunakan dalam matematika. Metode khusus dalam matematika kini lazim dikenal sebagai axiomatic method (metode aksiomatik) atau hypothetical deductive method (metode hipotetik deduktif). Thomas Green Wood mengatakan bahwa metode aksiomatik atau hipotetik deduktif sebagaimanana dipakai dalam ilmu-ilmu teoritis dan khususnya matematika.

Ini menyangkut problem-problem seperti pemilihan kebebasan dan penyederhanaan dari istilah-istilah dan aksioma-aksioma, formalisasi dari batasan-batasan sera pembuktian-pembuktian, kelengkapan dari teori yang disusun, serta penafsiran yang terakhir.

0 komentar: